Distribusi Linux

Berikut ini merupakan review singkat dari beberapa distribusi Linux yang populer digunakan. 
  • Debian GNU/Linux
    Merupakan non komersial produk yang dibuat oleh banyak programmer independen. Bisa dikatakan Debian GNU/Linux merupakan distribusi yang baik untuk digunakan oleh seorang hacker. Distribusi yang satu ini sama sekali tidak memiliki dukungan komersial untuk digunakan oleh instansi bisnis. Debian sendiri memiliki dukungan terhadap beberapa platform. Selain jalan pada mesin Intel, debian juga dapat dijalankan pada Alpha, Macintos 68K, dan Sun Sparc. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat pada www.debian.org.
    • Fedora
    Fedora merupakan salah satu distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Fedora. Distro ini awal mulanya adalah Red Hat, salah satu distro tertua yang dikenal keandalannya di bidang enterprise. Meskipun berasal dari Red Hat, namun dalam pengembangannya Yayasan Fedora berusaha lepas dari bayang-bayang Red Hat, dan berkeinginan menjadi distro yang 100% dikembangkan oleh komunitas.
    • Ubuntu
    Ubuntu adalah cabang dari Debian Desktop yang dikembangkan untuk keperluan end user. Ubuntu mencampur antara cabang Debian stable, testing dan unstable untuk bisa bekerja sama dalam satu instalasi, yang di Debian menggunakan metode apt pinning. Ubuntu mengambil perjanjian Debian untuk selalu free atau bebas.
    • RedHat
    Merupakan distribusi Linux yang paling populer. Menggunakan rpm sebagai sistem paket yang juga digunakan oleh beberapa distribusi lainnya. Dengan rpm maka penginstalan, proses uninstall dan upgrade paket dapat dilakukan secara otomatis. Saat ini redhat banyak bekerjasama dengan berbagai perusahaan besar seperti Oracle, IBM, Sun dan lain-lain. Informasi lebih lanjut silahkan lihat di www.redhat.com.
    • Nusantara 3
    Distro Nusantara 3 (Mahakam) merupakan distro berbasis Fedora yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna Indonesia. Pengembangan lanjutan distro ini disponsori oleh Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). Meskipun disponsori oleh pemerintah, namun distro ini diharapkan dapat tumbuh dan dikembangkan oleh komunitas. Nusantara 3 (Mahakam)
    dikembangkan dengan mengambil basis Fedora 9.
    • OpenLinux
    Caldera Open Linux Didesain untuk penggunaan tingkat korporasi atau penggunaan komersial lainnya. Distribusi ini menyertakan berbagai macam paket, termasuk semua paket-paket software dari GNU, seperti X Window Sistem, Sistem Manajer, Internet server dan lainnya. Caldera memisahkan bagian dari produk mereka sesuai dengan target pasar yang akan dituju. Seperti caldera eDesktop yang didesain untuk digunakan pada workstation, dan eServer yang digunakan untuk tingkatan server. Jelasnya lihat di
    • SuSE
    Pada awalnya hanya merupakan sebuah distribusi Lokal yang menggunakan bahasa jerman. Pada akhirnya SuSE merupakan distribusi Linux pertama yang memiliki dukungan kuat terhadap bahasa Indonesia melalui I18N. Distribusi ini juga menyertakan beberapa paket seperti Word Perfect, Koffice, StarOffice dan lain-lain. SuSE juga menyertakan beberapa software komersial seperti AdabasD dan Linux Office Suite. Lebih lengkapnya silahkan tengok di www.suse.com
    •  Knoppix
    Knoppix merubakan sebuah distribusi Linux dengan versi Live CD, yang berarti bahwa knoppix bisa dijalankan langsung dari CD tanpa harus melakukan instalasi. Bagi pengguna yang ingin belajar sistem operasi linux akan tetapi kesulitan atau belum siap melakukan instalasi dapat menggunakan distribusi versi Live CD. Selain berbagai distribusi Linux di atas, masih terdapat lagi banyak distribusi seperti slackware, mandrake, Turbolinux, trustix merdeka, winbi, bijax dan lainnya. Selain distribusi generic diatas masih banyak distribusi Linux lain yang memang dikhususkan untuk tujuan tertentu seperti Router, Diskless atau Firewall

    0 comments:

    Post a Comment