Sharing File Dan Printer Di Ubuntu 11.10

Sama seperti versi sebelumnya, Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot ini secara default dibekali dengan Unity desktop sebagai graphic interfacenya. Berikut adalah tampilan Unity desktop yang cukup cantik di Ubuntu 11.10 Oneiric.



Salah satu prioritas yang segera dilakukan setelah selesai menginstall Ubuntu adalah mengkatifkan fasilitas sharing file dan printer. Maklum tidak setiap komputer di kantor dilengkapi printer sendiri-sendiri. Hanya ada 1 printer yang harus disharing untuk beberapa PC. Di samping itu antar PC juga sering memerlukan untuk saling berbagi file melalui jaringan wireless. Samba adalah aplikasi Linux yang paling mudah dan andal untuk sharing printer dan file, baik sesama PC Ubuntu maupun antara Ubuntu dan Windows.
Ada beberapa perbedaan untuk Ubuntu 11.10 ini. pada versi-versi sebelumnya. Tinggal install Samba melalui Ubuntu Software Center. Kemudian setting folder-folder yang akan di-share dengan teman-teman sekantor. Terakhir tambahkan nama-nama user beserta passwordnya ke dalam Samba preferences, maka komputer kita pun akan siap untuk sharing file dan printer dengan yang lain.
Pada ubuntu 11.10 setelah Samba dibuka, kemudian memasukkan password yang diminta Ubuntu, di layar monitor sama sekali tidak muncul tampilan panel Samba seperti biasanya.
Agar Samba bisa dibuka dan digunakan di Ubuntu 11.10 langkah-langkah instalasinya adalah sbb :
1.      Install Samba melalui Ubuntu Software Center
2.      Install Samba updates melalui Update Manager.
Jangan lupa untuk terlebih dahulu mensetting dan memutakhirkan Update Manager.
3.      Install glade dan python-glade. Yang paling mudah adalah install melalui Synaptic Package Manager. Jika Synaptic Package Manager belum terpasang, anda bisa menginstallnya melalui Ubuntu Software Center.
Kini sharing printer dan file di Ubuntu 11.10 pun siap dilakukan.
Selamat Mencoba.

0 comments:

Post a Comment