Aplikasi Office

Di Ubuntu tersedia berbagai macam perangkat lunak untuk melakukan pekerjaan kantor — pengolah kata dan publishing, spreadsheets, dan presentasi.

1.    OpenOffice.org

Di Ubuntu terdapat OpenOffice.org, sebuah program untuk pekerjaan kantor yang di dalamnya terdapat word processor, spreadsheet, presentation designer, dan database management yang handal. OpenOffice juga memiliki kompabilitas dengan aplikasi kantoran lainnya, seperti Microsoft Office
http://www.openoffice.org/

2.    GNOME Office

Desktop GNOME memiliki kelompok aplikasi kantor. Program ini umumnya lebih ringan dan lebih cepat daripada program dalam kelompok OpenOffice.org, walaupun mempunyai lebih sedikit fitur sebagai konsekwensinya. Tetapi aplikasi ini mungkin adalah apa yang Anda butuhkan. Program-program pada GNOME Office mempunyai kompabilitas dengan kelompok aplikasi kantor lainnya, seperti Microsoft Office.

Pada GNOME Office Anda akan mendapatkan perangkat lunak berikut ini:
          Aplikasi pengolah kata (Abiword);
          Aplikasi spreadsheet (Gnumeric);
          Program manajemen database (GNOME-DB);
           Editor diagram (Dia);
          Dua aplikasi grafik (Inkscape dan The GIMP);
          Aplikasi manajemen proyek (Planner).
 Tiap aplikasi tersebut juga dapat diinstal secara terpisah

Untuk menginstal program GNOME Office:

1.       Instal paket gnome-office dari repositori “Universe”
2.   Aplikasi-aplikasi kantor dapat ditemukan dalam menu pada Applications->Office, dan aplikasi-aplikasi Grafik dapat ditemukan pada Applications->Graphics.

3.    Aplikasi Akuntansi GnuCash

GnuCash adalah program untuk mengelola keuangan pribadi dan bisnis Anda. Dengan GnuCash Anda dapat mengelola akun bank, saham, pendapat dan pengeluaran. Cepat dan intuitif seperti checkbook register, aplikasi ini menggunakan prinsip akuntansi profesional untuk memastikan neraca seimbang dan membuat laporan yang akurat.
http://gnucash.org/

Untuk menggunakan GnuCash:

1.       Instal paket gnucash dari repositori “Universe”
2.        Anda dapat membuka GnuCash dengan menjalankan perintah gnucash  untuk bantuan bagaimana menjalankan aplikasi tanpa melalui menu). Jika menginginkannya, Anda dapat menambah entri menu untuk program gnucash lihat manual penyuntingan menu (help:user-guide#menu-editor) untuk bantuan bagaimana menambah entri menu).

4.    Aplikasi Scribus Desktop Publishing

Scribus adalah program desktop publishing profesional. Untuk informasi lebih lanjut, http://www.scribus.org.uk/

1.       Instal paket scribus
2.       Untuk menginstal templat tambahan, instal paket scribus-template dari repositori “Universe” Anda harus menggunakan Synaptic Package Manager untuk menginstal paket ini
3.       Untuk menjalankan Scribus, pilih Applications->Office->Scribus .

0 comments:

Post a Comment