User Admin di Ubuntu


Di Ubuntu, karena alasan keamanan, user admin  dibatasi kepada pengguna yang memiliki hak istimewa saja. Akses admin diberikan kepada pengguna individu, yang dapat menggunakan perintah sudo untuk melakukan tugas admin. Akun pengguna pertama yang Anda buat pada sistem saat instalasi akan, secara default, mempunyai akses ke sudo. Anda dapat membatasi atau mengaktifkan akses sudo ke pengguna lain dengan aplikasi Users and Groups
Ketika Anda menjalankan aplikasi yang membutuhkan hak akses root, sudo akan menanyakan Anda untuk memasukkan kata sandi pengguna normal. Hal ini untuk memastikan agar aplikasi berbahaya tidak merusak sistem Anda, dan berfungsi sebagai pengingat bahwa Anda sedang melakukan tugas admin sistem yang mengharuskan Anda agar berhati-hati.
Untuk menggunakan sudo pada baris perintah, cukup ketik "sudo" sebelum perintah yang Anda ingin jalankan. Sudo kemudian akan menanyakan kata sandi Anda.
Sudo akan mengingat kata sandi Anda untuk waktu yang telah diatur. Default-nya sekitar 15 menit, tetapi hal ini dapat Anda ubah. Fitur ini didisain untuk mengizinkan pengguna untuk melakukan tugas admin tanpa terus ditanya kata sandi setiap waktu.
Harap berhati-hati ketika melakukan tugas admin, sebab dapat merusak sistem Anda!
Beberapa tips lain dalam menggunakan sudo:
  • Untuk menggunakan terminal "root", ketik "sudo -i" pada baris perintah.
  • Semua alat konfigurasi berbasis grafik di Ubuntu telah menggunakan sudo, jadi aplikasi tersebut akan menanyakan kata sandi Anda jika dibutuhkan.
  • Untuk informasi mengenai program sudo dan penjelasan tentang tidak adanya pengguna root di Ubuntu, https://help.ubuntu.com/community/RootSudo

0 comments:

Post a Comment