Memutar dan Mengorganisir File Musik


Untuk memutar dan mengorganisir musik, di Ubuntu terdapat Rhythmbox Music Player, mirip dengan iTunes. Saat Anda pertama kali menjalankan Rhythmbox, aplikasi ini akan memindai direktori home Anda untuk mencari berkas musik dan menambahnya ke dalam database. Untuk menjalankan Rhythmbox, pilih Applications->Sound & Video->Rhythmbox Music Player .

Ubuntu tidak mendukung secara langsung format MP3, karena dibatasi oleh paten dan hak cipta yang proprietary. Sebagai gantinya Ubuntu mendukung format Ogg Vorbis, sebuah format yang sepenuhnya bebas, terbuka dan tidak memiliki paten. Berkas Ogg Vorbis juga terdengar lebih baik daripada berkas MP3 dan telah didukung oleh banyak pemutar musik portabel. •    Pemutar yang bekerja denga Vorbis (ttp://wiki.xiph.org/index.php/PortablePlayers)

masih dapat memutar berkas MP3 lama Anda dengan menginstal dukungan MP3 baca Codec Multimedia Informasi mengenai format lain, seperti Windows Media Audio (wma/wmv) dan format yang dibatasi oleh paten dapat ditemukan pada Wiki Ubuntu (http://wiki.ubuntu.com/RestrictedFormats).

Editor untuk tag ID3 Cowbell dapat menyunting metadata pada mp3 Anda dan berkas musik lainnya. Untuk menggunakan Cowbell:

1.       Install the cowbell package from the “Universe” repository
2.       Untuk menjalankan Cowbell, pilih Applications->Sound & Video->Cowbell Music Organizer.

0 comments:

Post a Comment