Repositori Software Ubuntu

Ada ribuan program yang tersedia untuk diinstall pada Ubuntu. Program ini disimpan dalam arsip perangkat lunak (repositories) dan tersedia bebas untuk instalasi melalui Internet. Hal ini mempermudah untuk menginstal program baru dalam Linux, dan juga sangat aman, karena setiap program yang Anda instal dibangun khusus untuk Ubuntu dan diperiksa sebelum program tersebut diinstal. Untuk mengorganisir perangkat lunak, repositori Ubuntu dikelompokkan ke dalam empat grup: Main, Restricted, Universe, dan Multiverse.

Dasar pemikiran yang digunakan untuk menentukan perangkat lunak mana yang akan masuk kategori mana adalah berdasarkan dua faktor:
  • Tingkat dukungan dari tim pengembangan perangkat lunak yang tersedia untuk suatu program.
  • Apakah program tersebut sudah memenuhi Filosofi Perangkat Lunak Bebas http://www.ubuntu.com/ubuntu/philosophy.
CD Instal standar Ubuntu memuat beberapa perangkat lunak dari kategori Main dan Restricted. Bila sistem Anda terhubung dengan repositori online, akan lebih banyak program perangkat lunak yang tersedia untuk instalasi. Dengan menggunakan alat manajemen paket yang sudah terinstal dalam sistem, Anda dapat mencari, menginstal dan meng-update setiap bagian dari perangkat lunak langsung melalui Internet, tanpa membutuhkan CD lagi.

Menambah Repositori Tambahan
Untuk menginstal perangkat lunak dari repositori “Universe” atau “Multiverse”: 1. Buka System->Administration->Software Properties . Pilih Add

Untuk menggunakan repositori “Universe”, cek bagian Community Maintained (Universe).
Menambah repositori ini berarti semesta Perangkat Lunak Bebas akan tersedia untuk diinstal pada sistem Anda. Perangkat lunak ini didukung oleh kelompok sukarelawan dalam Komunitas Ubuntu yang dipilih dengan cermat, tetapi tidak didukung oleh tim inti pengembangan Ubuntu dan tidak disertakan update keamanan.

Untuk menggunakan repositori “Multiverse”, cek bagian Non-free (Multiverse).
Menambah repositori ini berarti perangkat lunak yang digolongkan di dalam non-free akan tersedia untuk diinstal pada sistem Anda. Perangkat lunak ini mungkin tidak diizinkan dalam beberapa wilayah yurisdiksi. Ketika Anda menginstal setiap paket dari repositori ini, Anda harus memastikan bahwa hukum dari negara Anda mengizinkan penggunaan paket ini. Dan juga, perangkat lunak ini tidak disertakan update keamanan.

Informasi lebih lanjut mengenai Repositori yang ada di situs Ubuntu http://www.ubuntu.com/ubuntu/components.

0 comments:

Post a Comment