Grafis dan Foto


Bagian ini menguraikan manajemen foto dan aplikasi untuk disain grafis yang tersedia untuk digunakan dalam Ubuntu, dan menguraikan bagaimana menyetel peranti grafik 3d.


·         Kamera Digital

Kebanyakan kamera digital USB sudah otomatis terdeteksi oleh Ubuntu. Cukup colok dan nyalakan kamera digital USB Anda. Ubuntu kemudian akan menanyakan apakah Anda ingin mengimpor foto dari kamera. Klik Import, Ubuntu akan menampilkan preview foto tersebut. Pilih lokasi untuk menyimpan foto, kemudian klik Import, Ubuntu kemudian akan menyimpan foto Anda ke dalam hard drive.

Jika tidak keluar pertanyaan untuk mengimpor foto Anda:
1.       Buka Applications->Graphics->gThumb Image Viewer .
2.       Pilih File->Import Photos.  Lihat “gThumb Image Viewer” untuk informasi lebih lanjut mengenai gThumb.


·       Kartu Grafik 3D

Pengenalan ke Akselerasi Video 3D

Kebanyakan perangkat keras video akan langsung bekerja secara otomatis dalam Ubuntu. Akan tetapi beberapa tipe dari perangkat keras video, akselerasi 3D (dibutuhkan oleh beberapa permainan) tidak didukung secara otomatis, tetapi Anda dapat memperbaiki hal ini sendiri.

Untuk mengetahui apakah akselerasi 3D acceleration sudah berkerja atau tidak, ketikan dalam terminal:

glxinfo | grep rendering

Jika akselerasi 3D sudah bekerja, hasilnya akan seperti ini:

direct rendering: Yes

Jika tidak, ikuti instruksi berikut untuk mengaktifkan akselerasi 3D.

Driver Kartu Video Nvidia 3D

Di Ubuntu dukungan akselerasi 3D pada kartu Video Nvidia tidak diaktifkan secara otomatis, karena pabrik pembuatnya tidak merilis driver source drivers. Akan tetapi Anda dapat mengaktifkan sendiri akselerasi 3D tersebut. Proses ini tergantung pada jenis dari kartu video yang Anda miliki.
·         Jika Anda memiliki kartu grafik lama seperti TNT, TNT2, TNT Ultra, GeForce1 atau GeForce2,  instal paket nvidia-glx-legacy dan nvidia-settings dari repositori “Restricted”

·         Jika Anda memiliki kartu grafik terbaru, instal paket nvidia-glx dari repositori “Restricted”


Untuk menyetel driver baru, masukkan dalam terminal:

sudo nvidia-glx-config enable

Anda dapat menyesuaikan setting dari driver baru dengan menjalankan nvidia-settings untuk bantuan bagaimana menjalankan aplikasi tanpa melalui menu). Jika menginginkannya, Anda dapat menambah entri menu untuk program ini

Driver Kartu Video ATI 3D

Banyak kartu video ATI yang bekerja baik secara otomatis pada Ubuntu. Untuk memeriksa apakah akselerasi 3D sudah bekerja

Jika tidak bekerja:

1.       Instal paket xorg-driver-fglrx dari repositori “Restricted”
2.       Untuk menyetel driver baru, masukkan dalam terminal:

sudo dpkg-reconfigure xserver-xorg

Pilih otomatis mendeteksi kartu video Anda, dan pilih driver fglrx saat ditanyakan. Restart komputer agar perubahan dapat terjadi.

·       gThumb Image Viewer

gThumb adalah penilik dan peramban gambar tingkat lanjut. Mempunyai banyak fitur, seperti dapat meramban sistem berkas, salin salindia, katalog gambar, membuat album foto, impor kamera, membakar CD gambar, memproses beberapa berkas sekaligus, dan fitur menyunting gambar dengan cepat seperti transformasi dan manipulasi warna.

gThumb disertakan secara default di Ubuntu. Untuk menjalankannya, pilih Applications->Graphics->gThumb Image Viewer .

Untuk mencari bantuan seputar gThumb, gunakan item yang ada di menu Help. Untuk penyuntingan foto & gambar tingkat lanjut, lihat The GIMP.

·         The GIMP (Gnu Image Manipulation Program)

Dengan GIMP Anda dapat menggambar, mewarnai, menyunting gambar, dan banyak lagi! GIMP menyertakan beberapa fungsi dan plug-in dari program penyuntingan dan pengolahan gambar lainnya.

The GIMP telah terinstal secara default di Ubuntu, dan dapat dijalankan dengan memilih Applications->Graphics->GIMP Image Editor .

    Situs Web GIMP http://gimp.org/

·         Inkscape Vector Graphics Editor

Inkscape adalah editor untuk gambar dengan format SVG (Scalable Vector Graphics).
1.       Instal paket inkscape
2.       Untuk menjalankan Inkscape pilih Applications->Graphics->Inkscape SVG Vector Illustrator .


·         Blender 3d Modeller

Blender adalah suite 3d untuk modelling, animasi, rendering, post-produksi, menciptakan gambar interaktif dan untuk memutar berkas 3d.

1.       Instal paket blender
2.       Untuk menjalankan Blender pilih Applications->Graphics->Blender 3d modeller.

0 comments:

Post a Comment