Instalasi Driver Modem Connexant Linux

Sehari-hari saya menggunakan Laptop Accer 4732Z  dengan Distro Ubuntu 11.04, kalau sedang berada di tempat yang ada LAN atau Wifinya internetan sangat mudah karena semua hardware yang berhubungan dengan hal tersebut sudah langsung dikenali dengan baik oleh Ubuntu 11.04.
Namun ketika berada ditempat yang tidak ada koneksi internet, cuma ada line telepon saja, pilihan satu-satunya cuma menggunakan Telkomnet Ketan, eh Instant karena saya belum memiliki koneksi internet yang mobile. Saya memilih menggunakan GNOME PPP sebagai interface untuk melakukan koneksi via dial up. Yang menjadi masalah adalah modem tidak terdeteksi. Tanya-tanya sama Om Google dapat jurus-jurus sebagai berikut agar bisa mengenali modem dan menginstall drivernya :
  • Berdasarkan informasi dari sini , saya menggunakan program scanmodem yang bisa di download di sini. Download misalkan ke Desktop, lalu gunakan perintah :
$  cd ~/Desktop
$ gunzip scanModem.gz
$ chmod +x scanModem
$./scanModem
$ gedit Modem/ModemData.txt
Dengan perintah diatas scanModem akan mengidentifikasi modem yang kita gunakan, hasil identifikasinya ada di file ModemData.txt. Dari file tersebut diketahui modem saya memiliki chipset Connexant.
  • Diberitahu oleh Om Google lagi saya pun meluncur ke sini untuk mendownload driver connexant. Download berdasarkan kernel yang digunakan.  Untuk mengetahui kernel yang kita gunakan dengan perintah
$uname -r
Lalu install dengan menggunakan perintah :
$ sudo dpkg -i hsfmodem_7.80.02.01full_k2.6.27_11_generic_ubuntu_i386.deb
Instalasi ini akan menghilangkan sound, untuk mengatasinya install pakel alsa driver linuxant yang bisa didownload di sini. Install dengan menggunakan perintah :
$ sudo dpkg -i alsa-driver-linuxant_1.0.19git20081204_all.deb
  • Modem pun siap digunakan untuk meluncur dengan “perlahan-lahan” dengan Telkomnet Ketan, eh Instant, biar lambat asal selamat

0 comments:

Post a Comment