Install dan Uninstall Aplikasi di Ubuntu


Untuk menginstall atau meng-uninstall aplikasi di Ubuntu, Anda perlu menggunakan package manager. Ini adalah program untuk menginstal dan meng-uninstall perangkat lunak, dan mencari komponen yang dibutuhkan oleh setiap perangkat lunak.

Ada tiga buah manajer paket utama yang dapat Anda gunakan di Ubuntu:

     Add/Remove Programs - Cara mudah untuk menginstal dan meng-uninstall program.

Dengan aplikasi Add/Remove… dalam menu Applications, Anda dapat menginstal program baru di Ubuntu. Anda juga dapat menghapus program yang tidak diinginkan. Dan diperlukan hak akses administratif untuk menggunakan Add/Remove Programs.

Jika Anda mengetahui nama program yang ingin Anda instal, masukkan ke dalam ruas Search. Sebaliknya, silakan pilih katergori perangkat lunak yang ada disebelah kiri.

Program yang sudah diinstal akan terlihat tanda cek pada bagian setelah nama. Uncheck program jika Anda ingin menghapus program itu dari komputer.

Ketika Anda mengeklik Apply atau OK, setiap perangkat lunak baru akan di-download dari Internet, dan Ubuntu akan melakukan perubahan. Jika Anda tidak mengaktifkan arsip paket online, maka Anda akan ditanyakan agar memasukkan CD Ubuntu untuk menginstal beberapa paket.

Beberapa perangkat lunak tidak dapat diinstal atau dihapus menggunakan Add/Remove Applications. Jika tidak dapat menemukan paket yang Anda cari, klik Advanced untuk membuka Synaptic.

    Synaptic - Pengendali dari perangkat lunak dan komponen sistem tingkat lanjut.

Synaptic adalah aplikasi manajemen paket tingkat lanjut yang dapat menginstal dan menghapus setiap paket yang tersedia untuk sistem Anda. Memakai antarmuka berbasis grafik seperti application>Add/Remove Applications

Untuk meluncurkan Synaptic, dari menu System pilih Administration->Synaptic Package Manager. Anda memerlukan hak akses administratif untuk menggunakan Synaptic.

Jika Anda sudah tahu nama paket yang ingin diinstal atau dihapus, klik tombol Search, dan masukkan nama paket. Anda dapat juga mencari paket melalui deskripsi paket tersebut (sebagai contoh, Anda dapat menemukan seluruh paket yang mengandung kata “arcade” atau “mathematics”).

Gunakan kategori dibagian kiri untuk menyaring daftar paket. Untuk kembali ke daftar kategori selesah melakukan pencarian, klik Sections.

Untuk menginstal paket, klik kotak disebalahnya dan pilih Mark for installation. Jika berubah pikiran, pilih Unmark. Untuk menghapus paket yang sudah diinstal, pilih Mark for Removal.

Jika Anda telah selesai, klik Apply dan Ubuntu akan melakukan perubahan. Jika Anda tidak ingin membuat perubahan apapun, cukup tutup jendela saja.

    Apt - Untuk Anda yang lebih suka menggunakan Terminal.

Jika Anda sudah nyaman menggunakan Terminal, Anda dapat menggunakan apt (Advanced Packaging Tool) untuk menginstal dan menghapus perangkat lunak. Anda memerlukan hak akses administratif untuk menggunakan apt.

Untuk meng-update daftar paket, ketik dalam terminal:

sudo apt-get update

Untuk menginstal seluruh update yang tersedia:

sudo apt-get upgrade

Untuk menginstal paket:

sudo apt-get install paket Untuk menghapus paket:

sudo apt-get remove paket

Untuk melihat daftar perintah dan opsi apt:

apt-get help

Aplikasi diatas tidak dapat digunakan secara bersamaan. Silakan tutup terlebih dahulu dan buka salah satu saja. Anda memerlukan hak akses administratif untuk menggunakan program-program tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat http://www.debian.org/doc/user-manuals#apt-howto

0 comments:

Post a Comment